Rabu, 15 Maret 2017

KENDURI

TRADISI KENDURI


Kenduri adalah tradisi kearifan lokal yang merupakan kegiatan dari masyarakat  yang umumnya menganut agama Islam yang berada di Indonesia atau yang menganut faham beradapan Melayu.
Kenduri terdiri dari maksud dan hajat dari orang, masyarakat yang dapat digolongkan menjadi beberapa antara lain :
1. Kenduri arwah yaitu : kegiatan mengirim doa bagi arwah leluhur dan kerabat yang berpulang lebih dahulu ke rahmatullah. Seperti kenduri malam ke tujuh setelah kematian, malam ke empat puluh, malam ke seratus, dan lainnya. dan kirim doa kepada arwah - arwah ayng berpulang terlebih dahulu.

2. Kenduri syukur yaitu : kegiatan mengirim doa dan ucapan syukur atas tercapainya suatu hajat dan tujuan. Seperti kenduri atas kenaikan pangkat, kelulusan, tercapainya tujuan dan cita - cita

3. Kenduri hajat yaitu : kegiatan mengirim doa dan ucapan syukur dan permohonan agar dilancarkan dan diberkati setiap hajat yang diniatkan dan akan dilaksanakan. Kenduri hajat ini seperti : kenduri hajat perkawinan yang biasa dilaksanakan sebelum pesta perkawinan, kenduri hajat sunat rasul

4. Kenduri proses kehidupan yaitu : kegiatan mengirim doa dan ucapan syukur atas setiap proses kehidupan seperti dalam tradisi masyarakat Jawa antara lain : kenduri 7 bulanan bagi bayi yang berusia 7 bulan dalam kandungan untuk calon bayi pertama akan lahir dari pasangan suami istri, kenduri sepasar/selapan bagi bayi yang telah berumur seminggu atau lebih sebulan.

5. Kenduri Kampung yaitu kenduri yang dilaksanakan secara massal oleh masyarakat kampung atas peristiwa seperti tolak bala, menyambut panen, mulai turun ke sawah, penyambutan Tahun Baru Hijriyah, Peringatan Maulid Nabi Muhammad 

Kenduri ini tidak ada terdapat dalam hukum fiqih Islam dan ini merupakan tradisi atau kearifan lokal untuk mengucapkan syukur dan permohonan berkah dan kelancaran kepada ALLAH SWT, Tuhan Yang Maha Esa.
Selain itu kegiatan kenduri ini menurutku adalah ajang untuk saling bersilahturahmi antar warga. Dengan kegiatan kenduri ini warga akan saling mengenal dan bertegur sapa setelah masing - masing sibuk dengan kegiatan dan aktifitas masing - masing. Dengan kegiatan kenduri akan ada tersedia waktu untuk saling bertemu dan bertegur sapa.

Semoga keraifan lokal ini akan senantiasa terpelihara sampai nanti dan seterusnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar