Senin, 10 April 2017

KLANG & PORT KLANG II

Melanjutkan tulisan " KLANG & PORT KLANG " sebelumya,  aku akan menulis kunjunganku dan keluarga dimana tempat - tempat yang telah aku kunjungi di sini.
Memang ada beberapa tempat yang dikunjungi tidak sempat untuk mengambil gambar dan semoga tulisan ini dapat memberi manfaat kepada orang - orang yang telah sudi membacanya terutama untuk diriku sendiri sebagai catatan perjalanan dan pelajaran hidup. Okelah aku lanjutkan tulisanku tentang kawasan di sekitar Klang dan Port Klang

3. LITTLE INDIA
Little India selain di Puduraya di Kuala Lumpur juga terdapat di Distric Klang tepatnya di Jalan Tengku Kelana. Kawasan yang mayoritas dihuni oleh keturunan India khususnya India Selatan. Daerah ini dominan dengan nuansa India, dan seolah - olah kita berada di wilaya India. Kawasan ini termasuk dalam Kawasan Central Bisnis District di Klang. Banyak toko - toko kita jumpai disini terutama yang menjual kain sari, perlengkapan dan keperluan masyarakat etnis India. Namun jangan kuatir disini juga tersedia dan terdapat toko - toko yang menjual keperluan sehari - hari untuk etnis lain. Aku tak sempat mencicipi kuliner di daerah ini dan aku hanya membeli oleh - oleh makanan saja di sekitar kawasan Little India. Pada malam hari di kawasan ini juga terdapat Pasar Malam yang mayoritas penjualnya adalah warga keturunan India.

Salah satu pertokoan kain di Little India Klang

Menyempatkan diri di Pasar Malam Little India Klang

 
4. AEON MALL BUKIT TINGGI KLANG

Bagi anda yang gemar belanja di Klang juga terdapat mall, salah satunya AEON Bukit Tinggi Shooping Centre yang terletak di Persiaran Batu Nilam Bandar Bukit Tinggi 2, 41200 Klang. Aku senantiasa membeli oleh - oleh yang akan dibawa pulang disini karena sesuai dengan budget yang aku bawa. Harga yang terjangkau dengan kualitas yang tidak mengecewakan. Di mall ini selama beberapa kali kunjunganku aku mendapatkan harga yang sangat membantu ( harga promo dan sale ). Selain itu disini juga terdapat arena bermain untuk anak - anak dan juga terdapat Cinema dan tidak ketinggalan food court yang menjual aneka kuliner. Dan di mall ini juga terdapat Counter yang menjual tiket Aero Bus tujuan Klang - KLAI dan Klang - KLAI2,  terminal Aero Bus berada di Hotel Le Premier Klang.

Cinema di Aeon Mall Bukit Tinggi

Arena permainan anak di Aeon Mall Bukit Tinggi Klang

food court di Aeon Mall Klang


 5. GM KLANG WHOLESALES CITY
Pusat grosiran yang berada di Klang ini menjual aneka barang dengan harga grosiran namun kita dapat membeli secara eceran. Pusat perkulakan atau grosiran ini berada di Bandar Botanical GM Klang Wholesales City Jalan Kasuarina 1, 41200 Klang, hanya berjarak beberapa meter saja dari Aeon Mall Shopping Centre Bukit Tinggi dan dapat dijangkau dengan  jalan kaki saja. Aku dan keluargaku kesini dengan membeli aneka mainan yang mirip dengan mainan LEGO LAND dengan harga yang terjangkau dan membuat puas hati buah hatiku. Aku gak sempat mengabadikan atau mendokumentasikan foto lokasi ini karena aku kesini tinggal menjemput anakku dan istriku setelah aku sholat jumat di Mesjid Kg. Raja Uda Klang. Bagi anda yang memiliki buah hati aku sarankan untuk membeli aneka toys disini karena harganya terjangkau dan kualitas yang memang layak.

6. GALERI DIRAJA SULTAN ABDUL AZIZ
Museum ini berisikan benda - benda dan koleksi dari Raja Selangor. Sebagain besar merupakan koleksi dan riwayat dari Sultan Salahuddin Abdul Aziz yang telah memerintah Negeri selangor lebih dari 39 tahun sebagai Sultan Selangor yang ke 8 dan sebagai Yang Dipertuan Agong XI selama 3 tahun.
Lokasi galeri ini berada di Jalan Stesen, Kawasan 1, 41000 Klang, sangat dekat dengan stasiun KTM Klang. Jadi jika ingin ke galeri ini cukup naik KTM dari KL Central Kuala Lumpur dan beeli tiket kereta api KTM tujuan Klang ( harga sekitar rm 5 ) dan dari satsiun Klang tinggal jalan kaki saja.

7. KLANG SENTRAL
Merupakan kawasan terminal bus antar kota dan antar negara. Dari terminal ini kita dapat menuju ke Negeri - Negeri Bahagian lainnya di Malaysia dan juga ke negera lain yaitu Thailand dan Singapura. Terminal terpadu yang berada di kawasan Meru tepatnya berada di Persiaran Klang Sentral 1, Klang Sentral, 42200, Klang Selangor. Memang dibanding dengan Terminal Terpadu Bandar Tasik Selatan lebih besar Terminal Bandar Tasik Selatan yang langsung terintragsi degan KTM, LRT dan MRT. Jika kita dari Klang kita dapat menggunakan Rapid KL untuk menuju ke Klang Sentral. Dan menurutku terminal Klang Sentral masih sepi namun jangan kuatir disni tidak ada preman walaupun ada calo - calo tiket namun tak usah kita layani atau perdulikan. Counter tiket berada di lantai II bila kita akan menuju ke tempat - tempat sesuai dengan tujuan kita. Aku berada disini saat aku dan keluargaku akan menuju ke Melaka.

Di Klang Sentral
Kondisi terminal bus ini bersih dan nyaman, dan jika anda akan membeli tiket bus memang calo - calo berusaha mendekati kita dan menawarkan jasanya namun tolak saja dan langsung saja ke counter tiket dimana akan melayani sesuai dengan tujuan kita dan terpampang dan tertulis dengan jelas harga dan tujuan serta armada busnya serta perusahaan transportasinya. Jadwal bus berangkat sesuai dengan yang tertulis walaupun kondisi bus belum penuh namun bila waktu telah menunjukkan jadwal keberangkatan maka bus segera berangkat.
Tempat pemberhentian armada bus, depannya bus parkir/ngetem

Ruang tunggu yang bersih dan nyaman di Klang Sentral

Di kawasan Klang berdasarkan informasi yang aku dapat terdapat juga fasilitas bus gratis " Smart Selangor " seperti halnya bus " GO KL " namun aku belum pernah menggunakan fasilitas tersebut, karena disini ada kerabat dan sahabat yang membantu perjalananku dan keluarga di Malaysia. 
Di KLANG & PORT KLANG  kita juga dapat mengujungi Pulau Ketam dimana di pulau ini hanya sepeda dan sepeda mootor saja yang boleh berlalu lalang. Mungkin untuk kunjungan selanjutnya akan aku sempatkan ke Pulau Ketam. Juga dekat dengan Pulau Carey dimana penduduk asli ( bukan Melayu ) yang masih bertahan dan hidup dengan budaya asli suku Carey.
Sampai disini tulisanku tentang " KLANG & PORT KLANG ". Semoga dapat memberi manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar