Kamis, 20 Juli 2017

KITA DULU, KINI DAN NANTI

Waktu berjalan cepat meninggalkan berbagai cerita dan pengalaman seru. Kita dulu adalah si putih abu - abu. Tahun 1988 kita memasuki sekolah yang sama di sebuah kota kecil yang sejuk dan tenang dan jauh dari kebisingan. 

Kita dulu masih remaja polos, memasuki sekolah dengan berbekal semangat dan dibekali peralatan sederhana. Kita dulu yang dengan semangat terjun ke tanah basah, hijaunya tanaman dan kadang tetap dengan keusilan dan kenakalan remaja di zaman kita. Kita dulu melewati kota yang dingin, sejuk dan sunyi tanpa rasa bosan dengan teman - teman yang nyaris sama semua kondisinya, sebagian dari kita adalah anak perantauan yang bersekolah jauh dari orang tua dan tinggal di rumah orang yang akhirnya seperti saudara dan ibu bapak kita.

Kita dulu yang harus bijak menggunakan uang kiriman dari  ibu bapak kita yang terhitung kecil untuk anak - anak sekarang. Kita dulu yang sangat jauh dari mall dan pusat perbelanjaan. Jauh dari hingar bingar kota dan jauh dari kelap kelip lampu kota. Jauh dari hiburan dan layar lebar dan pusat keramaian. Namun kita bahagia dengan cara kita.

kita kini di sekolah yang sama pada masa yang berbeda ( reuni 2017 )
Kita dulu yang nyaris menghabiskan waktu di tempat yang sama, suasana yang sama, di sekolah yang sama pada tiga tahun yang sama, walau kita bukan di kelas yang sama. Tapi kita adalah sahabat dulu, kini dan berharap sampai nanti.

kita dulu dengan putih abu - abu


Kini kita sudah memasuki usia dewasa madya, sebagian dari kita telah memiliki anak usia remaja, seperti kita dulu, ya seperti kita dulu namun di masa yang berbeda dan zaman yang berbeda. Kita tidak bisa menuntut mereka seperti kita karena mereka hidaup di masa dan zaman yang berbeda. Jangan bandingkan dia dengan kita karena pasti tak akan bertemu, namun bimbinglah dia dan arahkan ke arah kebaikan dan biarkan mereka mengeksplorasi diri mereka dengan pengawasan bukan dengan kekangan.

Kita kini sering merindukan suasana dulu kita, masa - masa remaja itu. Namun kita sekarang berada di masa kini. Dulu adalah nostalgia dengan sebagaian merasakan itu kenangan manis.
Kini kita adalah orang tua dan masing - masing mempunyai tanggung jawab. Jadi perlu pemakluman jika sebagaian dari kita tidak bisa menikmati nostalgia bersama, menghabiskan masa bersama dengan cerita - cerita lalu kita.


 Kita dulu selalu berbaris rapi mengikuti rutinitas Upacara Bendera di hari Senin pagi. di lapangan yang sama, dengan harus melengkapi atribut yang harus tepat waktu. Kita diajarkan untuk menghargai waktu tak perduli bagaimana kondisimu. Karena setiap jam 07.00 WIB kita sudah harus berkumpul di lapangan yang sama. Kadang kita merindukan suasana itu kembali. Rindu sekolah.

Kita kini di lapangan sekolah kita dulu ( 2016 )
Nanti, kita berharap tetap sebagai sahabat dan untuk seterusnya tanpa rasa lebih unggul atau lebih rendah karena kita dulu adalah sama.

Salam sahabat.
Mengenang masa - masa sekolah di SMT Pertanian Negeri Pematang Raya ( 1988 - 1991 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar