Jumat, 10 Februari 2023

KEKUATAN DZIKIR DAN SHALAWAT

 Perjalanan hidup tak selamanya menyenangkan. Selalu saja ada turun naik, up and down. Kadang kita berada di atas dan segalanya terasa sangat mudah, kadang ada di titik nadir dan segalanya sangat sulit. Bahkan seolah olah  tak ada jalan. 

Begitulah hidup, selalu ada cerita manis dan tak sedikit cerita pahit. Ada kalanya kita dicoba dengan kepahitan, bahkan sangat pahit. Namun ALLAH SWT memberikan itu bukan tak ada hikmahnya atau hanya hal sia - sia. Percayalah....ALLAH senantiasa memberikan yang terbaik buat hambanya. Hanya ALLAH sedang menguji kesabaran dan keikhlasan serta seberapa jauh rasa ridho hambanya.

Terlepas dari keadaan senang atau susah, sebagai umat Islam dzikir dan sholawat sangat membantu untuk mengatasi kesedihan dan kesenangan. Saat kita berada di titik nadir dzikir dan sholawat adalah sebagai penyemangat asa untuk terus berkobar dan terus optimis. Untuk selalu berlapang dada dan ikhlas atas kedatangan takdir yang kurang baik. Untuk selalu ridho atas kehilangan dan kepergian.

Pada saat senang, dzikir dan sholawat sebagai pengingat untuk selalu bersyukur atas setiap berkat. Untuk tidak sombong atas setiap kelebihan - kelebihan dan kemudahan. 

Dzikir dan sholawat adalah sebagai penguat bathin untuk selalu bersyukur dan merasa cukup atas setiap rezeki yang dilimpahkan. Sholawat yang kita harapkan syafaat dari Rasulullah Muhammad tidak hanya di dunia namun juga di akhirat nanti.

Ketika kita senantiasa berdzikir kita merasa lebih damai, dan mampu mengelola emosi kita untuk lebih stabil dan lebih sabar serta hidup lebih tenang. Rasa tenang akan memberikan rasa cukup. Dan rasa cukup akan meredam rasa serakah dan nafsu yang tidak baik.

Dzikir dan sholawat akan mampu membentengi diri kita dari amarah dan nafsu yang tak terkendali. Mampu untuk selalu berlapang dada dan rasa selalu dicukupkan. Ketika rasa cukup ini konsisten di hati kita, saat kita di fase kekurangan kita tetap selalu bersyukur dan di saat fase berlebihan rasa syukur akan selalu meningkat.

Tulisan ini sebagai pengingat untuk diriku agar selalu konsisten untuk berzikir dan bersholawat dimana dan dalam kondisi apapun.  Insya Allah, semoga ALLAH SWT akan selalu mempermudah dan memperlancar segala urusan kita dengan karunia - karunia kemudahan dan yang lebih penting ALLAH akan selalu memberikan rasa nyaman dan cukup di hati kita walaupuan kita dalam keadaan terpuruk dan kekurangan. Namun dengan dzikir dan sholawat semoga keterpurukan segera berakhir dan diganti ALLAH dengan kemudahan dan kelapangan di setiap sendi- sendi kehidupan. Insya Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar