Selasa, 07 November 2017

TAMAN AHMAD YANI RUANG TERBUKA HIJAU KOTA MEDAN

Medan sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia termasuk yang minim memiliki area Ruang Terbuka Hijau      ( RTH ). Hanya beberapa taman kota yang ada di kota ini, tidak sebanding dengan luas kota dan jumlah penduduknya. Salah satu Ruang Terbuka Hijau yang masih tersisa adalah Taman Ahmad Yani.


Taman yang terletak di Jalan Imam Bonjol dan Jalan Jendral Sudirman serta Jalan Misbah merupakan kawasan terbuka hijau. Pada hari libur Taman Ahmad Yani banyak dimanfaatkan oleh penduduk kota Medan sebagai area bermain dan pada hari libur dan hari besar banyak kita jumpai komunitas - komunitas yang melakukan kegiatan dan berkumpul di taman ini. 

Taman Ahmad Yani dilengkapi dengan fasilitas jogging track dan alat - alat olahraga jogging dan juga fasilitas wifi. Sarana permainan anak berupa ayunan, serosotan, jungkat - jungkit juga tersedia disini. Pemko Medan juga menyediakan tong - tong sampah yang dipisahkan dengan jenis sampahnya ( organik, anorganik dan sampah plastik ). Namun sangat disayangkan walau tersedia tong sampah namun banyak juga oknum - oknum yang masih tanpa bersalah membuang sampah sembarangan. Miris memang dengan budaya tertib yang belum membudaya disini.

Disebut dengan Taman Ahmad Yani karena di tengah taman ini dibangun Monumen Jendral Anumerta Ahmad Yani. Patung Jendral Anumerta Ahmad Yani dibuat oleh Ki Heru Wiryono yang berasal dari Gunung Kidul. Beliau ternyata telah banyak membuat monumen - monumen di Kota Medan dan daerah lainnya.

Sambil mengitari taman ini kita dapat duduk santai sambil membaca buku atau berselancar di internet karena Taman ini telah diresmikan sebagai Taman Digital. Tersedia akses internet gratis di taman ini. 
Tak perlu risau dengan kondisi perut. Di sekitar taman ini banyak terdapat pedagang yang menjual aneka dagangan namun jangan buang sampah sembarangan. Buanglah sampah pada tempat - tempat yang telah banyak disediakan.

Mushollah juga tersedia jadi tak perlu kuatir untuk selalu menunaikan ibadah sholat. Parkir di sekitar taman ini untuk roda dua dikenakan tarif sekitar Rp. 2.000,- ( dua ribu rupiah ). Bawalah putra - putri anda ke taman jangan hanya melulu ke mall atau pusat perbelanjaan saja. Selain edukasi tentang sejarah. Tentunya anak - anak akan penasaran dengan patung yang berdiri kokoh tepat di tengah taman. So...selamat berlibur di salah satu Ruang Terbuka Hijau Kota Medan.

Air mancur Bank Mandiri tepat di depan Taman Ahmad Yani
main ayunan di Taman Ahmad Yani
Kantor Pos di depan Taman Ahmad Yani
Jogging Track

bangku - bangku dan arena permainan anak
Salah satu filitas olahraga yang tersedia

3 komentar: